Cara Perawatan Gitar Agar Selalu Dalam Kondisi Terbaik

21.31 , 0 Comments



membersihkan gitar.resized
Membersihkan senar gitar.
Saya akan membahas tentang gitar lagi, meskipun yang dibahas adalah gitar akustik, tapi beberapa tips berikut ini dapat juga diaplikasikan untuk gitar elektrik kok. Mari.
Siapa yang rajin merawat gitarnya? Tanpa perawatan yang baik, gitar akan kehilangan kualitas suaranya. Sangat tipis, tapi perubahan kualitas suara pasti terasa kalau kita belajar peka mendengar suara gitar dan terbiasa bermain gitar. Dalam seni, akurasi nada sangatlah penting. Jadi supaya citarasa seni terjaga baik, sehingga menghasilkan ‘rasa” yang baik pula. Maka merawat perangkat atau media seni sangat penting. Nah berikut adalah tips-tips merawat gitarmu agar selalu dalam kondisi terbaik saat dimainkan. (Yang masih ingin tahu bagian-bagian gitar klik posting kami disini)
1. Letakkan Dengan Benar

Gitar elektrik di letakkan pada stand.

Gitar klasik di gantung pada hanger gitar.
Entah mengerti atau memang tidak peduli, gitar seringkali diletakkan dalam posisi yang bisa membuatnya rusak secara fisik. Terutama pada leher/neck, meletakan gitar pada posisi yang salah dalam jangka panjang dapat mengakibatkan leher gitar melengkung. Ini berakibat jarak senar gitar dan leher gitar menjadi terlalu pendek atau terlalu tinggi sehingga sangat tidak nyaman jika dimainkan. Meletakkan gitar yang baik adalah dengan cara digantung, di telentangkan, atau di letakkan pada dudukan/stand gitar. Jangan menaruh gitar di tempat yang lembab, apalagi basah, atau terkena sinar matahari langsung. Dan yang tak kalah penting lagi adalah, jangan biarkan gitar ditindih atau tersandar pada permukaan apapun.
2. Bersihkan Fisik Gitar

Minimal setelah memainkan gitarmu, lap senar gitarmu, ini membuat kotoran dari jari-jari kita tidak menumpuk pada senar. Hasil terbaik adalah membersihkan senar gitar dengan string cleaner. Sederhana, tapi ini efektif. Senar gitar yang tidak pernah dibersihkan akan membuat kotoran menempel pada bagian belakang senar, kemudian ke fret gitar. Kotoran dari senar gitar juga bisa mengotori badan/body gitar, terutama yang di sebelah lubang suara, tepat di bawah senar. Selain membuat kotor, kotoran yang bercampur dengan keringat ini juga membuat senar cepat berkarat. Ini juga berlaku untuk gitar klasik, senar 4 sampai dengan 6. Selanjutnya lap seluruh bagian gitar mulai dari badan, leher, sampai kepala, untuk hal ini bisa dilakukan lebih jarang.

3. Kendurkan Senar

Kalau gitar akan di simpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya senarnya dikendurkan, supaya senar tak membuat neck gitar jadi melengkung, seperti yang dijelaskan pada poin pertama.

4. Ganti Semua Senar
Apabila keadaan senar sudah mulai berkarat, sebaiknya diganti dengan yang baru, selain berbahaya karena dapat melukai jari kita, fisik senar juga akan mengalami perubahan yaitu akurasi nadanya berubah. Begitupun fret gitar akan lebih cepat terkikis. Dalam menggantikan senar, sebaiknya dilakukan secara menyeluruh, jangan hanya yang berkarat saja. Karena karakter senar baru berbeda dengan senar yang lama. Untuk hasil suara terbaik gitarmu, gantilah semua senarnya.
Itu adalah beberapa tips merawat gitar yang dapat di aplikasikan pada gitar anda, selamat mencoba. :)

pustaka: foto dari Pondok Daud Musik, artikel dikembangkan dari rismawilujeng.wordpress.com

Dzahaby Razan

Penulis di Blog CatatanHarianHaby . Saat ini bersekolah di MANBA Kelas Akselerasi , dan berumur 15 Tahun . Hobi Bermain Gitar dan Bermain Bulutangkis untuk PB.Dasadigdaya . Google

0 komentar: