Cara Mudah Mengganti Senar Gitar Sekaligus Membersihkan Fretboard

21.35 , 0 Comments

Kita mulai belajar dari gitar akustik dulu ya, untuk yang elektrik di artikel selanjutnya.Siapkan alat-alat untuk mengganti senar gitar kamu seperti pemutar dryer, tang potong (tang pemotong kabel), peg winder (untuk mengambil pasak dan memutar tuning machine), lap dan guitar polish/cleaner / cairan untuk membersihkan body gitar .

550px-Change-Guitar-Strings-Step-3
1. Kendurkan satu persatu ke-enam dengan cara putar dryertuning machine.


2. Buka pasak yang ada di bridge atau jembatan senar.Kamu dapat memudahkan pengambilan pasak dengan cara di dorong dari dalam, atau dapat menggunakan alat bantu peg winder

3. Setelah ke-enam senar dikeluarkan. Ini saat yang baik untuk sekaligus membersihkan fingerboard  dan body gitar kamu. Fingerboard adalah tempat keringat dan kotoran dari tangan kamu tinggal. Kotoran dan keringat inilah yang dapat merusak fretboard dan fret. Lap gunakan kain yang halus (katun) dan gunakan minyak khusus untuk membersihkan kayu atau minyak khusus pembersih body gitar.
4. Setelah gitar kita ‘kinclong’ lagi. Mulai pasang senar gitar kamu.


5. Pasang senar dengan cara masukan ujung senar (yang ada string-ball-nya) ke dalam lubang pasak di bridge, sekaligus masukan pasak-nya. Kamu harus sambil sedikit menarik senar gitar kamu pada proses ini untuk memberikan sedikit tegangan pada pasak, sehingga pasak tidak jatuh.
6. Potong senar secukupnya menggunakan tang potong. Panjang senar yang disarankan adalah dari pasak ke tuner beri tambahan kurang lebih 10cm. Tapi untuk senar 5 dan 6, beri kelebihan senar kurang dari 10cm karena senar-senar tersebut lebih tebal.

7. Masukan ujung senar ke lubang di ujung tuning machine / dryer. Bengkokan senar 90 derajat kemudian putar dryer. Jangan sampai salah, mengencangkan senar adalah dengan cara memutar dryer ke arah kanan. Lakukan hal ini sampai keenam senar terpasang semua.

8. Lalu tahap akhir adalah dengan tuning gitar kamu. Gunakan tuner sampai semua senar ada di nada yang benar. Standar tuning senar gitar adalah 1(e) 2(B) 3(G) 4(D) 5(A) 6(E).

String Cleaner
Sedikit tips agar senar kamu lebih awet, tidak mudah berkarat, lebih terjaga tone-nya, dan lebih nyaman saat dimainkan, usapkan string cleaner atau minyak khusus untuk senar gitar. Dengan string cleaner kotoran atau keringat dari jari kamu juga tidak mudah menempel di senar, dampaknya, fretboard dan body gitar lebih bersih,
Pustaka: wikihow.com

Dzahaby Razan

Penulis di Blog CatatanHarianHaby . Saat ini bersekolah di MANBA Kelas Akselerasi , dan berumur 15 Tahun . Hobi Bermain Gitar dan Bermain Bulutangkis untuk PB.Dasadigdaya . Google

0 komentar: